Kamis, 03 Maret 2016

Sunrise di Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan Imogiri Bantul Yogyakarta
Puncak Kebun Buah Mangunan


Setelah sebelumnya tidak jadi melihat sunrise di kebun buah mangunan pada hari ketiga selama aku berada di kota gudeg. Pagi ini Sabtu 27 Februari 2016 akhirnya aku bisa melihat sunrise di kebun buah mangunan yang begitu Wow. Kedatanganku ke Jogja kali ini tidak terencana sama sekali. Karena ada acara kantor yang mengharuskanku untuk ikut ke Jogja. Setelah usai acara kantor, siang hari itu kamis 25 Februari 2016 aku memutuskan untuk bermalam di kota ini. Karena masih banyak teman-teman kuliahku yang berdomisili di kota Pelajar, sebutan kota ini. Siang itu aku mencoba menghubungi sahabatku, Ihsan namanya memberi kabar bahwa aku sedang di Jogja. Meminta agar bisa dijemput dan menginap di rumahnya. Dan gayung bersabut, aku pun dijemput Ihsan di kawasan Universitas Gajah Mada (UGM). Tak lama kemudian Ihsan datang dengan mengendarai mobil dan menghampiri ku.
Kebun Buah Mangunan Imogiri Bantul Yogyakarta
Salah Satu Sudut Perpustakaan Pusat UGM

“Alhamdulillah” Ucapku saat melihat Ihsan datang menghampiriku. Setelah naik mobil yang dikendarai oleh Ihsan, kami langsung menuju kediamannya di Banguntapan Bantul dekat dengan kota Gede Jogjakarta yang terkenal dengan kerajinan peraknya. Tujuanku memang saat itu kerumah Ihsan karena sekalian menjenguk adik bayi. Buah hatinya Ihsan dan sang istri yang pertama selama 1,5 tahun umur pernikahan mereka. Sesampainya di rumah Ihsan aku diajak mengantarkan nasi kotak, saat itu sedang ada acara aqiqah anaknya. Berkeliling kota Bantul dan sekitaran Jogjakarta mengantarkan nasi kotak untuk dibagikan kesanak saudaranya. Aku sangat menikmati perjalanan kala itu, sambil mengingat-ingat kenangan masa-masa kuliah di kota ini. Wow, ternyata Jogja tak ada matinya. Tak henti-hentinya aku kagum dengan kota ini, setiap sudut kota memiliki keunikan tersendiri dengan kota-kota lain.

Tugas mengantar nasi kotak sudah selesai dan beristirahat sambil menunggu waktu solat magrib. Beberapa kali handphone mulai berdering, ternyata pemberitahuan di grup whatsapp teman-teman kuliahku dulu. Mereka ternyata mengetahui keberadaanku di Jogja, beberapa dari mereka mengajak ngumpul bareng di rumah shohibul khajat. Malam itu kita ngobrol tak tahu arahnya, yang penting gembira, hehehe. Tak terasa waktu sudah larut malam, dan mereka pulang ke rumah masing-masing aku pun beristirahat. Karena besuk paginya aku ingin melihat sunrise di kebun buah mangunan Imogiri. Dan ekpektsiku berbeda dengan kenyataan, aku bangun kesiangan hingga tak memungkinkan untuk melihat keindahan sunrise. Sudahlah kita lupakan sejenak keindahan sunrise di kebun buah mangunan Imogiri Bantul. Sore harinya aku dan temanku Ahyar namanya memutuskan untuk pergi ke Embung Ngalnggeran yang terletak di perbukitan Pathuk Gunung Kidul. Ceritaku tentang Embung Nglanggeran aku bahas di tulisanku lainnya. Ku habiskan senja di Embung Nglanggeran pada hari kedua di kota Jogja.
Kebun Buah Mangunan Imogiri Bantul Yogyakarta
Puncak Kebun Buah Mangunan


Sore berganti malam, aku dan Ahyar menuju Imogiri untuk menginap di rumah Subhan, teman-teman menyapanya dengan sebutan Ikan. Ntah dari mana pertama kali sebutan Ikan menjadi sapaan teman-teman sampai saat ini. Malam itu kami menginap di rumah Ikan karena sudah janji akan menginap di rumahnya. Dan jarak menuju kebun Buah Mangunan relatif lebih dekat ketimbang dari rumah Iksan. Kami mulai perjalanan kurang lebih pukul 5.15 pagi waktu Imogiri. Kami bertiga menuju ke Kebun Buah Mangunan dengan mengendarai sepeda motor. Jalanan sekitar Imogiri pagi itu masih terlihat gelap karena agak mendung. Ada perasaan khawatir jika sunrise tidak terlihat pagi itu. Belokan demi belokan tajam mengiringi perjalanan menuju kebun buah mangunan. Minimnya penerangan jalan dapat tertutupi dengan jalan aspal yang mulus dan marka jalan yang masih terlihat bagus. Sekitar lima belas menit perjalanan, akhirnya kami sampai di pintu masuk kebun buah mangunan Imogiri Bantul. Dengan membayar Rp.5.000 untuk satu orang masuk ke lokasi kebun buah mangunan.
Kebun Buah Mangunan Imogiri Bantul Yogyakarta
Pintu Masuk Kebun Buah Mangunan 
Kebun Buah Mangunan Imogiri Bantul Yogyakarta
Ini Baru WOW
Kebun Buah Mangunan Imogiri Bantul Yogyakarta
Sang Surya mulai muncul 
Di area Kebun Buah Mangunan sudah banyak pengunjung pagi itu, nampaknya ada kegiatan perkemahan. Memang tempat ini juga menyediakan lokasi untuk kegiatan perkemahan, baik umum maupun instansi. Untuk melihat sunrise, dari lokasi perkemahan masih jalan lagi sekitar 300 meter menuju lokasi puncak kebun buah mangunan. Atau menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat dapat menuju lokasi, disediakan tempat parkir yang cukup luas. Beberapa warung menjajakan dagangannya tertata rapi menuju puncak.
Kebun Buah Mangunan Imogiri Bantul Yogyakarta
Berdiri di atas Kabut
Kebun Buah Mangunan Imogiri Bantul Yogyakarta

Kebun Buah Mangunan Imogiri Bantul Yogyakarta
Sunrise yang WOW
Tenyata sudah banyak orang di puncak kebun buah mangunan. Ada yang datang dengan  rombongan besar atau hanya sekeluarga, ada juga yang berdua dengan pasangannya. Pagi itu mendung masih menutupi langit, para pengunjung sibuk dengan kameranya masing-masing. Sambil menunggu sunrise keluar dari sebelah timur, aku beberapa kali mengabadikan momen dengan handphone kesayanganku. Nampak kabut tebal di bawah puncak, layaknya negeri di atas awan. Akhirnya sunrise yang ditunggu-tunggu muncul dengan begitu indah. Maha karya yang begitu mempesona, tak ada yang dapat menandingi lukisanNya. Kita akan terlihat begitu kecil dihadapan Allah SWT, tetap menjaga alam yang indah ini yang guys. Puas menikmati sunrise kami beranjak dari puncak kebun buah mangunan menuju hutan pinus. Jaraknya hanya sepuluh menit jika mengendarai kendaraan bermotor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar