Rabu, 30 Maret 2016

PLTU Tanjung Jati B Desa Tubanan kecamatan Kembang Kabupaten Jepara.

PLTU Tanjung Jati B Jepara
PLTU Tanjung Jati B

Tanggal 7 Februari 2016, liburan panjang bertepatan dengan tahun baru Imlek 2567 kami sekeluarga berencana makan bersama dan jalan-jalan ke Pantai Mpurancak. Menggunakan kendaraan pribadi yang disupiri oleh kakakku, sebelum menuju Pantai Mpurancak. Kakakku mengajak ke PLTU Tanjung Jati B dulu, karena dia dulu pernah mengerjakan proyek pembuatan saluran air irigasi di dekat PLTU Tanjung Jati B. Ceritanya ngasi tahu sama keluarga kalau dulu pernah kerja disana, hehehe.

Oke lanjut perjalanan dari rumahku langsung ke PLTU Tanjung Jati B. Karena nanti pas keluar dari PLTU Tanjung Jati B bisa langsung menuju Pantai Mpurancak. Oh iya, PLTU Tanjung Jati B terletak di Desa Tubanan Kecamatan Kembang Kabupaten Jepara. Sementara Pantai Mpurancak terletak di  Desa Karang Gondang Kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara. Karena kecamatan ini bersebalahan jadi kami memutuskan pergi ke PLTU Tanjung Jati B dulu baru ke Pantai Mpurancak untuk makan siang disana. Dari rumah kami sekitar 45 menit perjalanan menuju PLTU Tanjung Jati B. Kami berangkat pukul 9.30 pagi itu, karena kesibukan masing-masing yang tak memungkinkan untuk berangkat lebih pagi.
PLTU Tanjung Jati B Jepara


Perjalanan melewati kecamatan Mlonggo, kecamatan Bangsri dan kecamatan Kembang. Sampai pasar Bangsri masih ke utara lagi sekitar 1 KM ada pompa bensin disebelah kanan jalan di wilayah desa Wedelan. Dari pompa bensin tersebut sekitar 300 meter nanti ada pertigaan besar, belok kiri itu arah ke PLTU Tanjung Jati B. Jika kamu lurus bisa sampai Tayu Pati. Dari pertigaan kurang lebih 10 menit perjalanan menggunakan kendaraan sampailah di PLTU Tanjung Jati B. Saat menuju PLTU Tanjung Jati B dikanan dan kiri jalan dikelilingi oleh rimbunnya pepohonan yang menjulang tinggi ke arah jalan aspal yang agak sedikit bergelombang. Sejuknya udara saat itu dan terlihat beberapa pemuda yang sedang menyuci sepeda motor di parit diantara rimbunnya pepohonan karet dan sono keling.
PLTU Tanjung Jati B Jepara
Hutan Sono Keling
PLTU Tanjung Jati B Jepara
Gapura Desa Energi
Setelah sampai di desa Tubanan, dari jauh terlihat dua buah bangunan cerobong asap yang menjulang tinggi mengeluarkan asap berwarna putih. Disitulag letak PLTU Tanjung Jati B, kami tidak bisa masuk ke area tersebut. Karena hanya orang-orang yang berkepentingan saja yang bisa masuk. Diluar pagar berjajar antrian truk besar-besar yang akan mengambil limbah yang dihasilkan oleh PLTU. Kami pun hanya memutar kendaraan dan bergegas menuju Pantai Mpurancak.
PLTU Tanjung Jati B Jepara
Antrian Truk Limbah PLTU
PLTU Tanjung Jati B Jepara


Tidak ada komentar:

Posting Komentar