Selasa, 26 April 2016

Menikmati Sunset di Embung Nglanggeran Gunung Kidul

Embung Nglanggeran
Sunset Embung Nglanggeran
Embung Nglanggeran
Sehari sebelum ke kebun buah mangunan aku menyempatkan diri mampir ke Embung Nglanggeran yang terletak di desa Nglanggeran kecamatan Patuk kabupaten Gunung Kidul. Masih bersama Ahyar yang selalu setia menemani perjalananku, hehehe. Masih di provinsi Yogyakarta, ada sebuah embung yang sangat menarik untuk dikunjungi.  Kalian dapat menikmati indahnya pemandangan dari puncak gunung yang sudah disulap menjadi sebuah embung.
Embung Nglanggeran
Pemandangan di Embung Nglanggeran 
Dari perbincangan singkat dengan penjaga parkir di kawasan tempat wisata embung nglanggeran. Ternyata tempat wisata ini baru dibuka sejak tahun 2013 yang langsung diresmikan oleh  Sultan Hamengku Buwono X pada  19 Februari. Pantas saja, waktu aku masih kuliah di UIN SuKa belum pernah dengar tentang tempat wisata ini. Embung nglanggeran dengan luas 70x70 m2 airnya digunakan untuk mengairi kebun buah yang ada di bawah  embung sekitar 20 hektar luas kebun. Buah yang ditanam antara lain buah durian, buah kelengken dan buah rambutan.
Embung Nglanggeran
Parkiran yang luas
Dari perbincangan kecil itu, kami lalu meneruskan ke puncak embung nglanggeran dari tempat parkiran sekitar 100 m dengan jalan yang sudah tertata rapi dengan paving. Kalian harus menyiapkan tenaga untuk mendaki anak tangga menuju embung nglanggeran. Kalian harus menaiki anak tangga untuk menuju ke lokasi embung. Setelah mencapai embung nglanggeran, rasa lelah saat mendaki anak tangga seakan hilang dengan melihat pemandangan yang sangat indah. Hanya dengan membayar  Rp.10.000 untuk memasuki kawasan wisata embung nglanggeran, terbayar lunas dengan pemandangan yang disuguhkan. Kawasan ini buka 24 jam penuh tanpa tutup kecuali hari-hari tertentu. Biasanya di kawasan embung digunakan untuk bermalam atau mendirikan camping bagi mereka yang suka petualangan. Fasilitas yang sudah mendukung, adanya musholah, wc umum, kamar mandi dan beberapa warung yang menjajakan makanan.
Embung Nglanggeran
Jika kalian ingin berkunjung ke embung nglanggeran pastikan pada musim kemarau. Saya sarankan pada bulan Maret sampai dengan September, karena pada bulan-bulan itu sunset terlihat sangat jelas. Perjalanan menuju embung nglanggeran dapat ditempuh melalui jalan Wonosari – Yogyakarta. Dengan menggunakan kendaraan sendiri hanya sekitar 30 menit dari kota Yogyakarta.
Embung Nglanggeran
WOW...
Embung Nglanggeran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar