Senin, 15 Februari 2016

Gowes Ke Pantai Kartini Jepara

Oke pagi ini kami akan gowes ke pantai kartini. Masih segar udara pagi ini untuk mengayuh pidal sepadaku menuju pantai kartini. Jam rumah meunjukkan pukul 5.30 pagi. Aku bergegas mengambil sepeda fixie ku yang tersimpan di gudang rumah. Tak lupa menyiapkan air mineral untuk bekal diperjalanan (biar ngirit, hehe). Oke kita lanjut perjalanan, di temani sang istri tercinta (Hany Alawiyah) berangkat dari rumah dengan rute lewat desa Kuwasen – Mulyoharjo – Pengkol – Alun-alun Kota – Pantai Kartini. Pagi itu jalanan menuju kota Jepara ramai sekali, karena saat ini masyarakat Jepara sedang gandrung (tergila-gila : jawa) dengan bersepeda.
Pantai Kartini Jepara
Kura-kura Pantai Kartini Jepara
            Pantai kartini memang tak asing lagi kedengarannya bagi masyarakat jepara dan sekitanya, tetapi mengenai tulisan “PANTAI KARTINI” yang besar yang terletak di pinggir pantai belum banyak yang tahu. Nah, disamping berolah raga kami berniat untuk mengambil foto tulisan tersebut. Yang katanya mirip bangunan yang ada di pantai Losari Makasar. Perjalanan baru nyampai Alun-alun kota Jepara, sang istri minta istirahat sebentar. Dia keliahatan ngos-ngosan, hehehe. Setelah istirahat beberapa menit, kami melanjutkan perjalanan ke pantai kartini. Berputar-putar sebentar di alun-alun dan lanjut ke pantai kartini. 
Pantai Kartini Jepara
Pantai Kartini Jepara
Sebetulnya nama obyek wisata Pantai Kartini lebih dikenal dengan sebutan “PEMANDIAN”  masyarakat sekitar biasa menyebutnya “MANDIAN” pikiran mereka langsung tertuju pada satu maksud yaitu Pantai Kartini, bukan obyek wisata yang lain. Istilah “PEMANDIAN” berasal dari kata “MANDI” yang mengandung pengertian “tempat untuk mandi”.Letak tempat tersebut tepatnya berada di bagian pantai yang paling barat dan oleh masyarakat dikenal dengan sebutan “PONCOL”. Biasanya para pengunjung melakukan mandi di tempat ini pada waktu fajar dan sore menjelang senja sekaligus menyaksikan keindahan sunset.
Pantai Kartini Jepara
Perjalanan Pulang
Setelah berfoto-foto di pantai kartini, kami pun pulang menyusuri pesisir kota Jepara ke arah pantai Bandengan. Pantai primadonanya masyarakat Jepara dan sekitarnya. Next trip kami akan berkunjung ke pantai Pailus dan pantai Blebak yang terletak di kecamatan Mlonggo kabupaten Jepara. Jaraknya sekitar 15 KM dari pusat kota Jepara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar