Selasa, 05 Januari 2016

Bermain Kano dan Jet Ski di Pantai Bandengan

Kali ini kita sedikit ke arah barat dari dari rumahku, sekitar 5 menit perjalan dengan menggunakan kendara bermotor terdapat sebuah pantai yang sangat terkenal di daerah Eks Karisidenan Pati. Pantai ini bernama Pantai Bandengan yang ada di desa Bandengan, kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Pantai yang terletak di pesisir pantai utara Jawa ini menjadi salah satu tempat wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi. Pada musim liburan, pantai Bandengan ini selalu ramai dikunjungi wisatawan dari Eks Karisidenan Pati ataupun dari daerah lain. Karena sudah menjadi salah satu destinasi wisata di daerah jawa tengah. 
Pantai yang tenang dan bersih
Pantai ini sebenarnya bernama Pantai Tirta Samudera atau Pantai Tirto Samudro yang merupakan salah satu obyek wisata unggulan di Jepara, kota kelahiran salah satu Pahlawan Nasional R.A. Kartini. Pantai ini airnya jernih dan berpasir putih ini berjarak sekitar 7 KM dari pusat kota Jepara. Dahulu Pantai Bandengan ini dikelola warga sekitar, dan sekarang pengelolaannya di ambil alih oleh Pemerintah Kabupaten Jepara dengan tetap memprioritaskan pemberdayaan masyarakat setempat. Dengan berjalannya waktu pantai Bandengan menata diri dalam menyambut wisatawan dengan baik. Buktinya sudah ada berbagai macam olah raga air ( Water Sport) yang di tawarkan di pantai ini. Atau hanya sekedar buat main-main saja, misalanya terdapat Jet Ski, Banana Boat, Dayung Kano, dan sewa Ban untuk bersantai menikmati ombak pantai Bandengan.

Dayung Kano
Menariknya lagi harga yang ditawarkan terbilang cukup murah. Persewaan ban dibanderol dengan harga Rp 10.000, banana boat Rp 30.000 dan jet ski seharga Rp 60.000 per-15 menit saja. Selain itu masih terdapat banyak wahana permainan air yang disewakan seperti wahana ombak buatan untuk berselancar yang dikenal dengan nama wave house, perahu kano hingga persewaan perahu yang dapat membawa Anda berkeliling area pantai ataupun membawa Anda ke Pulau Panjang, sebuah pulau cantik di tengah lautan tenang Jepara.

Main Jet Ski
Di akhir pekan biasanya pantai ini sangat ramai, karena banyak pengunjung dari berbagai daerah, dengan rombongan besar ataupun hanya sekeluarga saja. Tak kalah meriahnya dengan rombongan komunitas sepeda yang ada di jepara, mereka juga mengayuh sepedanya ke pantai Bandengan hanya sekedar melepas rutinitas yang didapatkan saat bekerja. Saya pun dengan istri kadang-kadang bersepeda ke pantai Bandengan untuk berolah raga, karena hanya 15 menit dari rumah saya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar